[Tech] Perbedaan Headset, Headphone, Backphone, Earphone, dan Handsfree - Just Inspiration Room [Tech] Perbedaan Headset, Headphone, Backphone, Earphone, dan Handsfree

Breaking

Jumat, 09 November 2018

[Tech] Perbedaan Headset, Headphone, Backphone, Earphone, dan Handsfree



Bagi kita istilah dari Headset, Headphone, Backphone, Earphone, dan Handsfree sudah tidak asing kita dengar. Apalagi bagi kalian yang suka dengan musik. Tetapi kadang masih saja ada orang yang salah menyebutkan atau membedakan perangkat tersebut. Nah biar kamu tidak salah lagi, berikut perbedaan dari Headset, Headphone, Backphone, Earphone, dan Handsfree yang perlu kamu tahu.

Headset

Headset merupakan perangkat audio yang terdiri dari earphone ditambah dengan microphone yang digabung menjadi satu. Headset ini biasanya dgunakan untuk keperluan yang membutuhkan voice chat atau interaksi di sebuah perangkat elektronik. Headset paling cocok digunakan untuk komunikasi pada saat kita bermain game.
Untuk headset yang high-end biasanya ditambah dengan fefk surround sound (menghasilkan suara yang terdengar memutar) yang menambah eksperience kita saat bermain game atau menonton film.

Headphone

Sebenarnya headphone dengan headset itu hampir sama, cuman bedanya Headphone tidak dibekali dengan tambahan mikrophone. Headphone biasanya didesain untuk mendengarkan audio saja sehingga sangat cocok untuk anda yang suka mendengarkan musik. Headphone memiliki tipe Open-Back dan Closed-Back, Open-back memiliki kualitas suara yang lebih bagus dan natural namun suara yang keluar dari headphone model seperti ini biasanya suaranya bocor keluar. Berbeda dengan tipe Closed-back yang tidak ada kebocoran suara, memiliki Noise isolation yang sangat baik, memiliki bass yang lebih kuat. Namun suara yang dihasilkan tidak sebaik Open-Back.
Headphone dapat dibedakan menjadi 2 yaitu:


Full Size/Over Ear

Headphone ini menggunakan penutup telinga yang melingkari seluruh telinga, sehingga telinga tertutup sempurna. Dengan desain seperti ini, telinga kita tidak akan pegal atau capek ketika menggunakannya dengan jangka waktu yang lama. Kelemahan headphone ini adalah ukurannya yang besar sehingga sulit untuk dibawa-bawa.

On Ear

Merupakan headphone yang ketika dipakai bantal penutupnya menduduki daun telinga, sehingga headphone ini akan pegal atau capek ketika dipakai dengan jangka waktu yang lama sehingga memiliki kesan kurang nyaman dipakek. Namun karena ukurannya yang lebih kecil, headphone tipe seperti ini lebih portable dan mudah dibawa kemana-mana.

Backphone

Backphone sebenarnya sama dengan headphone ataupn headset, namun cara pemakaiannya yang sedikit berbeda, yaitu cara penggunaannya yang dipasang dibagian belakang kepala dikaitkan di telinga sehingga pemakai perangkat audio ini tidak perlu khawatir dengan penampilannya.

Earphone


Earphone perupakan perangkat audio yang sama seperti Headset maupun Headphone, cuman Earphone memiliki ukuran pengeras suara yang kecil dan cara menggunakannya yang disumbat kedalam lubang telinga. Dengan ukurannya yang kecil, earphone bisa dibawa kemana saja. Earphone memiliki 2 tipe, yaitu:

1.       in-Ear

Earphone tipe seperti ini biasanya menggunakan bahan karet sebagai bantalannya, dan cara menggunakannya dengan memasukkan karetnya sampai masuk ke lubang telinga, sehingga kedap suara dari luar.

2.       Earbud

Earphoe tipe seperti ini biasanya menggunakan plastik berbentuk bundar yang keras. Cara memakainya dengan menempelkan di telinga, sehingga suara dari luar masih bisa sedikit terdengar.

Handsfree


Handsfree sama dengan Earphone, bedanya hanya handsfree dibekali dengan perangkat mikrophone dan biasanya diberi kontrol lebih, seperti tombol untuk mengangkat telepon atau tombol volume sehingga pengguna tidak perlu langsung memegang perangkat ponsel untuk memindahkan musik, mengangat telepon dan mengatur volume. Handsfree biasanya disertakan dalam dashbook smatrphone seperti yang kamu miliki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar